"Yeeaayy.. sampai di Madakaripura lagi !!" (saya berteriak sambil sedikit melompat kegirangan) Iya akhirnya saya kembali mengun...

Air Terjun Madakaripura

17:17 Robiatuz Zuniar 9 Comments

"Yeeaayy.. sampai di Madakaripura lagi !!" (saya berteriak sambil sedikit melompat kegirangan)
Iya akhirnya saya kembali mengunjungi air terjun tertinggi di Jawa ini, setelah beberapa tahun yang lalu saya sempat kemari bersama teman-teman. Antusias yang sama tetap saya perlihatkan seperti waktu pertama kali berkunjung kemari, dan rasa kagum juga tetap sama seperti dulu.

Pada waktu itu saya sebenarnya sama sekali tidak ada pikiran untuk mengunjungi tempat tersebut, karena pada awalnya tujuan saya hanya menyaksikan pagelaran Jazz Gunung (untuk cerita saya mengenai Jazz Gunung bisa dibaca di My Blog baca juga mengenai sisi lain Madakaripura di Lotus), yang memang berlokasi di sekitar gunung Bromo. Karena Jazz Gunung satu arah dengan Madakaripura dan lagi saat itu juga masih agak siang ketika saya sampai disana, akhirnya kami memutuskan untuk mampir dulu bermain air di Madakaripura. Oh iya, saya kesana tidak sendirian melainkan berdua.

Madakaripura mengalami banyak sekali perubahan, dimana saat beberapa tahun sebelumnya jalan dari parkiran menuju air terjun kurang layak untuk dilalui, bahkan untuk jalan berdampingan saja akan cukup was-was karena pada beberapa bagian ada yang rusak. Ketika berpapasan dengan orang dari arah yang berlawanan salah satu dari kita harus mengalah, karena kalau tidak pasti akan jatuh kesungai berbatu. Memang tidak terlalu dalam, namun cukup bisa membuat cedera yang lumayan parah.

Jalanan membahayakan itu kini diberi jembatan yang sangat aman menurut saya, selain itu jembatan berwarna merah itu (kebetulan itu warna kesukaan saya.. hihi) cocok untuk kita yang berjiwa narsis. Hehe.. iya, jembatan itu bagus untuk dijadikan tempat berfoto ria. Cocok juga bagi anda yang hobby fotografi, lokasi jembatan yang agak berbelok mengikuti alur tebing membuatnya terlihat menawan untuk dibingkai dalam sebuah frame foto anda.

Perjalanan dari parkiran menuju air terjun memakan waktu kurang lebih setengah jam, jangan kaget ketika benyak yang menawari anda untuk membeli jas hujan plastik, karena untuk menuju air terjun utama anda terlebih dahulu harus melewati air terjun yang membentuk tirai. Kemungkinan besar seluruh badan dan barang bawaan anda basah kuyup, untuk itu jas hujan menjadi alat yang wajib anda bawa. Ada juga yang menjuan kantong plastik dan menyewakan payung, dan semua terserah anda memilih yang mana.

Jika anda membawa sendiri jas hujan pribadi anda, itu akan lebih menghemat biaya. Namun jika anda tidak membawa tidak perlu khawatir mengenai harga, karena hanya dengan 10 ribu rupiah anda bisa menyelamatkan barang bawaan anda dari air. Apalagi bagi anda yang membawa kamera dengan segala perlengkapannya seperti yang saya bawa waktu itu, pasti sangat butuh jas hujan.

Saat itu pengunjung Madakaripura tidak terlalu ramai, sehingga saya dapat dengan leluasa mengambil foto tanpa ada orang yang berlalu-lalang. Karena untuk menghasilkan foto air terjun dengan hasil yang memuaskan, anda harus melakukannya dalam slow shutter, yang sangat tidak mungkin jika kita memotretnya dengan handheld. Disamping udara yang dingin, hanheld akan menghasilkan gambar yang kurang tajam, jadi tripod sangat penting dalam kondisi seperti ini. Naah.. bisa anda bayangkan sendiri jika banyak orang berlalu-lalang di depan kamera kita, pasti akan menjadi semacam noise yang cukup mengganggu.

Madakaripura yang sangat anggun membuat saya sejenak termenung mengagumi dan bersyukur atas ciptaan-NYA yang sungguh menakjubkan. Dengan ketinggian sekitar 200 meter, Madakaripura tampak begitu gagah dari bawah. Menurut beberapa sumber, Madakaripura disebut sebagai air terjun abadi mengingat curahannya terjadi sepanjang tahun dan tidak pernah berhenti mengalir, bahkan dimusim kemarau sekalipun.



9 comments:

  1. "air terjun yang membentuk tirai" kayaknya keren banget tuhhh.. pengen banget bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, air terjun kecil dijalanan menuju air terjun utama menyerupai tirai. Keren banget buat foto-foto. Hehe.. apalagi bagi yang punya hobby fotografi.

      Delete
  2. pengen banget main ke madakaripura :D kapan ya tapi~~ *ditunggu kunjungan baliknya ya* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. buruan kesana kak, dijamin tidak akan menyesal hehe
      >>sudah saya kunjungi dan meninggalkan jejak juga<< :D

      Delete
  3. ke Bromo aja blm apalagi madakaripura...liat foto air terjun beredar di medsos emg bikin mupeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuh kemana aja kak hehe
      buruan kesana, pasti ketagihan ingin balik lagi :D

      Delete
  4. Ah.... envy tiap baca postingannya, jadi pengen ke mana-mana juga, keren mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selagi itu bikin hati seneng, kenapa enggak? betul nggak kak hehe
      ayok kak, apalagi masih muda juga kan :D

      Delete
  5. aku baru tau ini air terjun tertinggi di pulau jawa. jadi kepengen kesana deh mbak hehehhe

    ReplyDelete