Apa itu Jazz Gunung? Entahlah, saya tidak tahu sama sekali maksud dari istilah itu, pada awalnya. Satu-satunya yang saya pahami dari isti...

Jazz Gunung

14:49 robiatuz zuniar 3 Comments

Apa itu Jazz Gunung?
Entahlah, saya tidak tahu sama sekali maksud dari istilah itu, pada awalnya. Satu-satunya yang saya pahami dari istilah tersebut adalah, Jazz di gunung, hanya itu. Lokasi diselenggarakannya pun saya juga tidak tahu sama sekali. Bahkan itu saya baru pertama kali mendengar mengenai pagelaran Jazz Gunung.

Mengapa orang-orang begitu antusias ingin pergi menyaksikan Jazz Gunung? 
Mungkin karena sebagian orang menganggap Jazz Gunung adalah suatu keharusan, maka dari itu mereka begitu antusias setiap tahunnya berburu tiket pertunjukan tersebut yang jumlahnya sangat terbatas.

Oke saya akan berbagi sedikit pengalaman saya ketika menyaksikan pertunjukan tersebut. Saat itu adalah bulan Mei 2015, seingat saya tepat pada hari Kamis tanggal 14. Ditengah pertimbangan akan suatu hal yang sangat penting, ada seseorang yang mengajak menyaksikan Jazz Gunung. Saya yang bukan penggemar genre musik Jazz, entah kenapa tanpa berfikir panjang setelah memastikan jadwal benar-benar kosong pada tanggal yang ditentukan saya langsung menyetujui ajakannya, mungkin faktor utama saya menyetujui ajakan tersebut adalah orang yang mengajak. Hehehe.

Tanpa tahu menahu segala sesuatu yang berhubungan dengan Jazz Gunung, saya dengan rasa penasaran sedikit mencari tahu mengenai Jazz Gunung. Dari pencarian itu saya mendapat sedikit informasi, jika Jazz Gunung telah digelar sejak tahun 2009, dan puluhan musisi jazz ternama dari dalam maupun luar negeri turut hadir memeriahkan pagelaran tahunan tersebut. Lokasi pertunjukannya juga sama dari sejak awal mula diadakan, yaitu di Hotel Java Banana Bromo.

Singkat cerita, hari yang ditunggu pun tiba, sabtu 13 Juni 2015. Dengan segala persiapan dan tak lupa izin dari orang tua, saya bersama dia (orang yang mengajak), sebut saja Lotus, berangkat berdua menuju lokasi dengan perasaan antusias yang luar biasa. Oh iya, satu lagi hampir lupa, saya juga sempat mengikuti kuis yang diadakan oleh panitia Jazz Gunung, daaan.. saya berhasil menang, hadiahnya adalah 2 tiket Jazz Gunung. Sungguh beruntung, jadi pada waktu itu saya memiliki 4 tiket. Karena tidak ada orang lain yang mau di ajak, saya terpaksa menjual dua tiket sisa.

Saat hampir sampai dilokasi, Lotus menyarankan untuk mampir di Air Terjun Madakaripura, karena memang satu arah dengan lokasi Jazz Gunung. Tanpa pikir panjang, saya mengiyakan saran tersebut. Akhirnya sampailah saya di Air Terjun Madakaripura untuk yang kedua kalinya. Hehe untuk cerita selengkapnya mengenai kunjungan saya ke Madakaripura bisa dibaca di artikel saya selanjutnya.

Venue yang disuguhkan ternyata mampu membuat saya tersenyum lebar. Saya yang pada awalnya kurang tertarik dengan genre musik Jazz, kali ini dibuat terpana oleh tiupan Saxopone salah satu pengisi acara (hehe entah siapa namanya). Sungguh Instrumen kebahagiaan yang sangat lengkap, alam yang anggun, jazz yang menenangkan, serta disempurnakan oleh orang-orang yang menggembirakan. Itulah yang membuat Jazz Gunung menjadi sesuatu yang patut ditunggu setiap tahunnya.

Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 10 malam, dan udara dingin khas Bromo sudah berhasil menembus hampir keseluruh tubuh. Pembawa acara dan para pengisi acara yang begitu mampu membawa para penonton menuju suasana menyenangkan, telah membuat hawa dingin disana sejenak terlupakan. Tiba di penghujung acara, tampak Andien memasuki stage dengan pakaian hangat berlapis-lapis. Suara merdu Andien pada saat membawakan lagu Kasih Putih dan Tentang Aku membuat saya sampai saat ini mampu mengingat momen itu dengan sangat detil. Perasaan yang sungguh membahagiakan, sangat membahagiakan, juga bersama orang yang sangat menyenangkan.

Saat Andien selesai membawakan sekitar 8 lagu, berakhir pula acara jazz tahunan tersebut. Kami berdua tak lupa menyempatkan diri berfoto-foto sepuasnya, kemudian buru-buru pulang karena ada sesuatu yang sangat penting.

Saya sudah tidak sabar menunggu hingga Jazz Gunung tahun depan kembali diadakan. Sebuah pengalaman baru yang tak tergantikan bersama orang yang juga tak tergantikan.

Bagi anda yang berminat menyaksikan pagelaran tahunan ini tidak perlu khawatir, sekarang banyak sekali bermunculan penyedia paket wisata bromo, paket tour bromo, wisata bromo yang menyediakan paket lengkap jika anda tidak ingin ribet mengurus berbagai hal yang perlu dipersiapkan. Atau jika anda ingin lebih berhemat seperti saya hehe, bisa kunjungi website resmi Jazz Gunung untuk informasi selengkapnya.

Venue Jazz Gunung 2015

Silahkan kunjungi My Gallery untuk beberapa foto lainnya saat saya menyaksikan Jazz Gunung.

3 comments:

  1. Kalo enggak salah, di Ijen juga akan ada event semacam ini, bulan oktober tahun ini :) Datang yukk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak betul banget, emang berencana kesana sih
      ini juga kan diadakan oleh penyelenggara yang sama, jadi so pasti nggak kalah keren sama Jazz gunung
      ayok banget kalo mau kesana bareng kak :D

      Delete
  2. aku bukan penggemar jazz sih, tapi penggemar naik gunung aja h

    oktober ada nih evet serupa kak

    ReplyDelete